Minggu, 15 April 2012

MANFAAT RENANG .

Bagi beberapa masyarakat Indonesia, renang kadang terdengar kurang populer, hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kolam renang di rumah mereka atau memiliki akses yang mudah untuk renang seperti kolam renang publik. Akan tetapi ada juga yang menganggap renang sebagai bagian dari kehidupan mereka, terutama masyarakat yang tinggal di dekat sungai besar atau laut.
Ketika melihat kompetisi renang di SEA Games misalnya, Anda bisa melihat tubuh atlet yang kekar, kuat namun tetap indah. Banyak juga yang berkata jika ingin menurunkan berat badan dan langsing, renang merupakan sarana yang efektif untuk membakar kalori.
Sangatlah jelas bahwa renang merupakan olahraga yang menyehatkan seuruh bagian tubuh Anda. Renang juga dapat dilakukan oleh siapa saja, dari anak-anak hingga lansia, maka renang dapat dilakukan sepanjang hidup setiap saat.
Lalu, apakah manfaat renang secara spesifik?
1.     Resiko Luka Lebih Ringan
Renang memiliki resiko yang lebih ringan dikarenakan tidak ada tekanan pada tulang, sendi atau jaringan ikat. Jika Anda menginginkan olahraga tanpa resiko yang besar, renang adalah olahraga paling ideal. Banyak atlet menambahkan latihan mereka dengan berenang.
Begitu juga untuk wanita hamil, renang sangat cocok karena membantu memmperkuat otot bahu dan perut yang bermanfaat saat menggendong anaknya kelak.
2.     Renang meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, daya tahan dan keseimbangan tubuh
Renang meningkatkan kekuatan otot. Sebelum berolahraga di area kering, alangkah baiknya melakukan pemanasan dengan renang. Renang dengan tenaga yang lebih untuk meningkatkan detak jantung dan menstimulasi aktivitas otot. Begitu juga ketika selesai olahraga di area yang kering, renang juga sangat bagus untuk pendinginan, membantu mengalirkan darah di dalam otot.
3.     Mengurangi stress
Renang sangat bermanfaat untuk relaksasi karena memacu oksigen untuk mengalir pada otot dan memacu pengaturan nafas Anda. Oleh karena itu renang dapat dikatakan mengurangi stress.
4.     Membentuk dan mempertahankan tubuh ideal
Renang membakar kalori pada level 3 kalori per mil per pon. Jika berat Anda 75 kg, dan Anda berenang selama 30 menit sepanjang 1,6 km, maka Anda telah menghabiskan sekitar 900 kalori selama satu jam. Namun demikian, jika tidak berenang secepat itu, berat badan tidak segera turun. Tetapi paling tidak mambuat jantung, paru-paru dan otot Anda lebih sehat.
5.     Meningkatkan tekanan darah
Studi menunjukkan bahwa olahraga rutin termasuk renang dapat membantu mengurangi bahkan mungkin mencegah tekanan darah tinggi, yang tentu saja menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.
6.     Sarana meditasi
Ada juga manfaat renang secara psikologis, jika Anda memang berniat melakukannya. Renang dan rileks dengan santai, tidak terlalu mengeluarkan energi. Namun biarkan pikiran Andalah yang menjelajahm fokus pada ritme kepakan tangan dan depakan kaki kaki Anda. Formasi meditasi ini dapat membantu meningkatkan rasa ‘damai’ ketika mengakhiri sesi renang dan memulai hari.
Apakah Anda sekarang menjadi lebih bersemangat untuk berenang dan menjadikannya sebagai olahraga favorit?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar